31 Maret, 2009

Pembagian Manusia

Manusia itu bermacam-macam. Ada yang sempurna. Ada yang kurang sempurna. Ada yang berkulit hitam. Ada yang kulitnya putih. Ada yang cantik. Ada yang tampan. Ada juga yang kurang cantik atau kurang tampan.. dan jumlah mereka berjuta-juta bahkan lebih.
Namun, secara keseluruhan dari manusia yang buanyak itu hanya dibagi menjadi 3 golongan saja berdasarkan kecintaan dan kebencian (maksudnya cinta dan bencinya krn Allah lho..), yaitu:
  1. Manusia yang dia dicintai dengan cinta yang murni tidak ada permusuhan sama sekali dalam kecintaannya. Siapakah mereka?
    Mereka adalah kaum mukminin yang bersih seperti para nabi, shahabat, shiddiqin, syuhada’, dan para shalihin… Kita tidak boleh sama sekali membenci mereka. Jika kita benci mereka, maka kita yang akan “dipertanyakan”.
  2. Manusia yang dicintai dalam satu sisi dan dibenci pada sisi yang lain.
    Mereka adalah orang-orang muslim yang kadang berbuat kebaikan dan kadang berbuat maksiat.
    Nah, ketika dia mengerjakan ketaatan,maka harus dicintai. Tetapi, jika dia suka bermaksiat maka seharusnya kita benci karena perbuatan kemaksiatannya itu. Namun, kita juga punya PR untuk menasehatinya. (ingat QS. al-’Ashr:3)
  3. Manusia yang dicintai dan dibenci dengan permusuhan abadi; tidak ada kecintaan dan kesetiaan sama sekali terhadap mereka!!!
    Mereka adalah orang musyrik, kafir, munafik, dan murtad. Kita harus bener-bener benci sama mereka, tidak boleh saling berkasih sayang.
    Mari berlomba-lomba untuk menjadi orang yang dicintai Allah dengan kecintaan yang murni…
    So, kita termasuk golongan manusia yang mana…?!?
    Semoga bukan golongan yang ketiga… na’udzu billaahi min dzaalik…

Disunting dari :http://rohissmansa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar